IBX5A560FD2577F8

Blog Kumpulan Pelajaran , Game , Trik Internet Gratis Dan Tips - Tips Lainnya

Sunday 10 August 2014

SPESIFIKAS H/S DAN KEBUTUHAN MINIMAL SERVER


ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE & SOFTWARE  SEBUAH JARINGAN KOMPUTER

Teknologi pada masa sekarang ini telah menjadi suatu tren dalam kehidupan manusia, perkembangan dunia teknologi berdampak pada era informasi yang lebih cepat. Salah satu teknologi  yang telah akrab dengan kita  adalah teknologi internet dimana teknologi ini merupakan suatu  jaringan komputer global yang mempermudah pemakainya untuk saling berkomunikasi ataupun bertukar informasi. Pembangunan sebuah jaringan computer memerlukan pemilihan hardware, software yang tepat,  serta topologi jaringan yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu jaringan computer yang paling sering kita jumpai adalah warnet (warung internet). Dalam tugas analisis kebutuhuan hardware & software dalam sebuah jaringan computer ini  saya mengambil contoh dari salah satu warnet.



TOPOLOGI JARINGAN & ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE
Hardware yang dibutuhkan dalam membangun sebuah jaringan computer diantaranya : Komputer, LAN card, Switch/Hub, Router, kabel UTP, connector dan lainnya yang dibutuhkan untuk proses transformasi data didalam jaringan.
1.       Topologi Jaringan

Topologi jaringan yang di gunakan adalah topologi star. Topologi star merupakan topologi dengan kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh servermaka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Selain topologi star terdapat beberapa topologi di antaranya topologi bus, & topologi ring. Dibandingkan kedua topologi tersebut, topologi Star di rasakan paling cocok untuk warnet tersebut. Gambar dari topologi jaringan star. 
Analisis Kebutuhan Hardware
Dari topologi jaringan di atas maka analisis kebutuhan hardware warnet tersebut. Sbb :
1.       Line Internet/modem, untuk terhubung dengan ISP (Internet Service Provider).  Koneksi ke ISP menggunakan Speedy.  
2.       Router, di gunakan untuk menyaring atau memfilter data yang lalu lalang di jaringan berdasarkan protocol tertentu, router yang digunakan haruslah compatible dengan paket jaringan yang dipakai.Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan berdasarkan alamat tujuan dan alamat asal.dengan kata lain router mengetahui alamat computer. Router compatible 1024 Kbps.
3.       Komputer  Server, suatu komputer yang menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation. Terdapat 1 buah server. Spesifikasi :
a.       Prosesor minimal 3,5 Hetz.
b.      VGA minimal 256 MB.
c.       RAM minimal 1 GB.
d.      Hardisk minimal 40 GB.
e.      NIC (Network Interface Card)/LAN Card
4.       Printer, di gunakan untuk mencetak data, printer telah di sharing sehingga baik sever maupun client dapat menggunakan printer tersebut.
5.       Kabel UTP (Unshielded twisted pair)  & Konektor RJ45 ,  kable UTP yang digunakan minimal cat. 5 karena jarak setiap computer tidak terlalu berjauhan. Konektor RJ45 sebagai penghubung antara kabel UTP dengan LAN Card. digunakan tipe Straight untuk menghubungkan client & server ke Switch dan menghubungkan computer Server Ke Router.
6.       Switch, digunakan sebagai penghubung antar computer dalam sebuah jaringan local. Switch yang di gunakan adalah Switch 16 Port dipakai 7 port  untuk menghubungkan server, client
7.       Komputer client, Spesifikasi :
a.       Prosesor minimal 3,5 Hetz.
b.      VGA minimal 256 MB
c.       RAM minimal 1 GB.
d.      Hardisk minimal 20 GB.
e.      NIC (Network Interface Card)/LAN Card
Analisis Kebutuhan Software :

1.       Sistem Operasi
Sistem Operasi yang digunakan untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah Microsoft windows XP atau untuk server Windows Server 2003.
2.       Billing explorer
Billing explorer sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu admin dalam melakukan perhitungan waktu dan biaya serta digunakan untuk membuat laporan keuangan dan laporan data, selain itu juga billing digunakan untuk memanajemen client memberikan penomoran pada client.
3.       Web Browser
Web Browser adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuka sebuah website dan melakukan aktifitas berinternet lainnya. Contohnya internet explorer, Mozila Firefox, Google Chrome. Dll
4.       Internet Download Manager,
IDM merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk membantu proses download.
5.       Bandwitch limiter
Bandwitch limiter digunakan untuk mengatur bandwitch yang diberikan pada tiap client agar merata.

Kebutuhan Minimal Server

Komputer  Server, suatu komputer yang menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation.
 Terdapat 1 buah server. Spesifikasi :
a.  Prosesor minimal 3,5 Hetz
b. VGA minimal 256 MB.
c. RAM minimal 1 GB.
d. Hardisk minimal 40 GB.
e. NIC (Network Interface Card)/LAN Card

1 comment: